Sabtu, 21 Mei 2011

Profil Madridista Indonesia

MADRIDISTA INDONESIA diprakarsai oleh Donnie Irawan melalui mailing-list (realmadrid@yahoogroups.com) di tahun 1998. Namun perkembangan mailing list pada saat itu masih belum ramai dan seaktif sekarang. Sehingga perlahan-lahan mailing-list (milis) tersebut padam.

Di tahun 2002, Donie mencoba membuat kembali Milis dengan nama berbeda yaitu realmadridfc_indonesia@yahoogroups.com, yang saat ini masih terus aktif. Para anggota di milis sebelumnya diundang kembali untuk bergabung di milis ini. Tujuannya tak lain adalah untuk meramaikan kembali milis dan menjaga keutuhan para penggemar madrid di Indonesia yang sudah terkumpul.
Namun perkembangan melalui milis hanya begitu-begitu saja, kadang idle (kosong), kadang ramai, dan anggota yang memberikan kontribusi di milis tidak begitu besar jumlahnya.

Menyadari hal itu, para Anggota Milis (yang umumnya anggota baru, atau anggota lama tapi baru aktif) dan Donnie sendiri sebagai pemilik dari milis (Mailing-list Owner) mencoba untuk membuat suatu arahan agar para anggota yang sudah terkumpul ini mendapat hal yang lain dari sekedar posting dan baca milis, yaitu membentuk suatu organisasi bagi para penggemar klub bola REAL MADRID.

Madridista Indonesia resmi berdiri pada 25 November 2007 melalui gathering-gathering yang sering diadakan oleh para anggota. Di kesempatan pada saat Gathering pula, Donnie mencoba sharing tentang kegiatan dan usaha yang ia lakukan dengan fans-club ini.

Berbuah dari hasil curhat inilah, akhirnya para anggota mulai serius untuk membentuk komunitas ini. Tidak sedikit kendala yang ditemui, dari sulitnya bertemu antar anggota, sampai sulitnya menghubungi pihak Real Madrid sendiri untuk sekedar izin atau informasi eksistensi Madridista Indonesia. “Kami memiliki kesamaan niat dan semangat tinggi untuk membentuk fans klub dengan lebih serius, tapi tetap santai,” tegas el Presidente MI, Wirawan.

Terhitung lebih dari 100 madridista per November 2008 bergabung ke fans klub ini. Jumlah ini terus bertambah seiring dengan mulai membahananya nama Madridista Indonesia. Data milis terakhir menunjukkan hampir 500 madridista terdaftar. Bahkan, grup di facebook tercatat 1.032 anggota.

“Setiap gathering selalu ada anggota baru yang dibawa anggota lama. Informasi untuk bergabung bisa dari mana saja, mulai dari milis, forum, media sampai facebook. Anggota lama yang punya rekan pecinta Real Madrid biasanya akan mengajak temannya itu untuk ikut berkumpul dan bergabung,” ujar Wirawan.

Menela’ah hal ini, Madridista Indonesia menyusun program-program, mulai dari pendaftaran sampai aktivitas untuk dapat lebih mempererat hubungan sesama anggota. MI memberlakukan iuran yang berlaku dalam satu periode (3 tahun). Setelah membayar registrasi sebesar Rp. 120.000, belum termasuk ongkor kirim, anggota akan mendapatkan starter pack, seperti t-shirt, kartu anggota, stiker, pin dan buletin Anuncio.

Sejumlah kegiatan pendukung, seperti futsal dan nonton bareng, berusaha rutin digelar. Bermarkas di Grand Futsal Kuningan, Madridista Indonesia Club de Futsal terus berlatih dan menjalani partai-partai ujicoba serta mengikuti turnamen-turnamen supaya menjadi tim sekuat Real Madrid di Eropa dan dunia.

Nonbar menjadi pelepas dahaga Madridista menyaksikan Raul cs bertanding. Hal ini mengingat waktu penayangan La Liga dan Liga Champions di Tanah Air yang terlalu larut sehingga mempersulit mereka yang rata-rata masih kuliah dan bekerja. MI selalu menggelar nonbar el clasico setiap musimnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar