Jumat, 27 Mei 2011

Logo Real Madrid dari Masa ke Masa


 

 1902-1908
Saat pertama kali terbentuk pada 6 Maret 1902, Real Madrid sudah punya lambang sedrehana dengan tulisan MCF berwarna putih yang merupakan singkatan dari Madrid Club de Futbol. Logo ini berbentuk lingkaran dengan warna dasar biru tua.







 

 1908-1920
Pada 1908, Madrid menggunakan logo tulisan MCF dengan tambahan lingkaran dan perubahan model tulisan MCF yang dibuat lebih tipis.







 
 1920-1931
Perubahan signifikan terjadi pada logo Madrid mulai 1920. Kala itu Raja Alfonso XIII memberikan status kebangsawanan sehingga Madrid mulai menggunakan nama Real Madrid Club de Futbol. Real bisa diartikan sebagai Royal. Mulai saat itu pula, gambar mahkota mulai ditambahkan di bagian atas logo los Merengues. Tapi warna biru dan putih masih mendominasi logo tersebut.




1931-1941
Saat pemerintahan dibubarkan pada 1931, semua simbol yang berkaitan -termasuk gambar mahkota dan penggunaan kata Real- dihilangkan. Meski begitu, pihak klub coba mempertahankan unsur kerajaan dengan mengganti gambar mahkota pada logo Madrid dengan garis tebal melintang bewarna ungu. Sebagai catatan, warna ungu merupakan warna yang menjadi ciri khas kerajaan di Madrid. Sementara itu, tulisan MCF yang sebelumnya berwarna biru berubah menjadi emas.






1941-1997
Ketika perang sipil berakhir pada 1941, gambar mahkota kerajaan kembali digunakan pada logo Madrid. Tapi garis ungu melintang tetap dipertahankan. Berbeda dari sebelumnya, logo madrid dibuat berwarna dan didominasi warna emas. Nama klub pun kembali menjadi Real Madrid lub de Futbol (RMCF).





 

1997-2001
Pada 1997, terjadi sedikit perubahan pada logo Madrid khususnya pada bentuk mahkota yang dibuat lebih kecil dan sederhana. Sementara itu, garis ungu melintang berubah menjadi biru tua.





 


2001-Sekarang
Mengikuti perkembangan zaman di abad 21, Madrid melakukan perubahan kecil pada logonya, yaitu  tulisan MCF disesuaikan dengan ukuran lingkaran dan dipertegas dengan garis pinggir berwarna biru tua.

2 komentar:

  1. nantinya tanda salaib di atas mahkota akan di hilangkan karena menghormati umat muslim...salut buat madrid.

    BalasHapus
  2. iy bnr ... gus simpati bgt dngernyaa

    BalasHapus